Sunday, June 23, 2013
0
Motivasi Diri & Hidup : Steve Jobs Memulai Kesuksesan Dari Garasi
Siapa yang tidak kenal Steve Jobs. Seorang CEO sekaligus pendiri Apple yang sukses. Namun dibalik kesuksesannya Ia harus menerima banyak kegagalan dan penolakan dalam hidupnya.

Pada tahun 1976, Steve Jobs bersama dengan seorang temannya Steve Wozniak yang pada waktu itu masih berusia 21 tahun mulai mendirikan Apple Computer.Co di garasi rumahnya.
Usaha yang mereka lakukan ini dimulai dengan menjual barang-barang berharga milik mereka sebagai modal. Dengan susah payah, akhirnya cikal bakal Apple masa kini pun berdiri.

Setelah bebrapa lama merancang dan merakit, akhirnya Jobs dan Wozniak berhasil membuat komputer pertama meraka. Produksi komputer pertama yang mereka buat diberi nama Apple 1, dan berhasil mereka jual ke sebuah toko lokal sebanyak 50 unit.

Setelah beberapa tahun, Apple cukup diminati di pasaran dan berkembang pesan. Pada tahun 1983, Steve Jobs merekrut John Sculley untuk menjadi pemimpin Apple. Pada saat itu, Apple mencapai puncak kesuksesan dan memperkuat pengaruhnya dalam bidang industri komputer setelah mereka berhasil meluncurkan Macintosh.

Pada tahun 1985, Steve Jobs, pendiri Apple diberhentikan oleh perusahaan setelah terlibat konflik dengan John Sculley. Dengan sangat terpaksa, Jobs menjual saham yang ia miliki di perusahaan Apple. Hari-hari Jobs pun dihabiskan dengan bersepeda dan berkeliling Eropa.

Setelah ia sembuh dari perasaan sedih yang sangat luar biasa, Jobs kembali memiliki semangat baru dalam dirinya. Jobs kembali memulai bisnis dalam komputer dengan mendirikan sebuah perusahaan bernama NeXT dan perusahaan animasi Pixar.

Sebenarnya NeXT sebuah perusahaan yang sangat maju dalam bidang teknologi komputer. Namun, secara komersil NeXT tidak memberi dampak yang positif. Berbeda dengan nasib NeXT yang tidak memberi hasil yang baik secara komersial. Pixar adalah bagian dari kesuksesan yang dihasilkan dari pikiran jenius seorang Steve Jobs. Dalam dunia film animasi, Pixar telah membawa trend baru yang sangat diminati. Hal ini dimulai ketika Pixar berhasil meluncurkan beberapa film animasi produksinya, seperti Toy Story, The Incredible, dan Finding Nemo.

Setelah beberapa tahun Jobs dipecat dari Apple, keadaan perusahaan komputer ini semakin terpuruk. Seiring dengan semakin kuatnya Microsoft dan IBM, membuat Apple kalah dalam persaingan. Hal ini membuat Jobs kembali dipercaya untuk mengisi posisi pimpinan Apple sementar. Jobs kemudian menggabungkan rancangan teknologi NeXT dengan Apple. Dan akhirnya Apple kembali bangun dari tidur panjangnya. Apple meluncurkan teknologi baru yang sangat maju seperti MacOS X, Imac, dan yang paling terkenal dan fenmenal adalah iPod.

Kisah kesuksesan Steve Jobs ini mengajarkan kepada kita semua bahwa semua kesuksesan tidak ada yang instan. Selalu ada kegagalan dan penolakan yang menghiasi perjalanan hidup kita. Namun, jangan sampai semua hal itu membuat kita berputus asa dan menyerah dari keadaan.