Saturday, September 28, 2013
0
Tikus Raksasa Pemakan Bayi Afrika

Baru-baru ini Afrika Selatan diteror tikus raksasa pemakan bayi. Ukuran tikus tersebut hampir sama dengan kucing. Setidaknya telah terjadi dua kali tragedi mengerikan tersebut. Dua bayi yang dimakan hidup-hidup oleh tikus raksasa itu terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan. Lunathi Dwadwa, salah satu bayi yang masih berusia 3 tahun tewas di tempat tidurnya di kawasan kumuh di luar Cape Town. Sementara seorang bayi lainnya menjadi mangsa si tikus raksasa di  Soweto, tak jauh dari kota Johannesburg.

Lunathi ditemukan tewas dalam kondisi mengenaskan oleh orangtuanya. Ibu dari Lunathi, Bukiswa Dwadwa mengatakan bahwa mereka tidak mendengar adanya tangisan atau jeritan dari sang bayi. Mereka tidak bisa lupa betapa mengerikannya kondisi Lunathi. Bola matanya keluar dan wajahnya rusak dari alis hingga pipi. Ayah Lunathi,  Mncedisi Mokoena menambahkan bahwa tidak ada yang bisa melakukan itu semua kecuali tikus.

Beberapa jam kemudian, polisi menemukan kasus yang sama. Seorang bayi perempuan diserang segerombolan tikus besar saat ibunya yang masih remaja pergi dengan teman-temannya. Seorang polisi menerangkan bahwa mereka mendapat panggilan dari lokasi kejadian mengenai tewasnya seorang bayi akibat serangan tikus. Polisi juga telah menahan ibu dari sang bayi dengan tuduhan kelalaian yang mengakibatkan kematian.

Beberapa bulan lalu, seorang kakek bernama Nomathemba Joyi (77) juga tewas setelah tikus-tikus raksasa memakan bagian kanan wajahnya. Di kawasan kumuh di Afrika Selatan, tikus-tikus raksasa dapat ditemukan dengan mudah di tempat sampah. Tikus-tikus tersebut dapat tumbuh hingga sempanjang satu meter. Sementara taring atau gigi depannya mencapai sepanjang dua setengah sentimeter.

Tikus-tikus itu diyakini termasuk jenis African Giant Pouched Rats, yaitu salah satu jenis tikus terbesar di dunia. Tikus-tikus tersebut lebih aktif di malam hari (nokturnal), pemakan segala (omnifora), dan bisa memproduksi 50 anak dalam satu tahun. Beberapa suku di Afrika mengembangbiakkan tikus jenis itu untuk dimakan.
Next
This is the most recent post.
Older Post