Friday, September 20, 2013
0
10 Tips Perawatan Rambut Agar Sehat Berkilau


Bagai sebagian besar ibu rumah tangga yang selalu sibuk dengan sejuta aktifitasnya, pasti hanya memiliki sedikit waktu untuk merawat rambut. Padahal, rambut merupakan mahkota setiap wanita yang sangat penting untuk menambah rasa percaya diri, tak terkecuali bagi ibu rumah tangga.

Beriku ini 10 tips perawatan rambut agar tetap sehat berkilau.

1. Rapikanlah rambut antara 4 sampai 6 minggu sekali dengan cara membuang bagian ujungnya yang sudah kering, pecah-pecah, atau bercabang. Selain menjaga kesehatan rambut, hal ini juga agar potongan rambut tetap terlihat bagus dan menarik.

2. Gunakanlah sampo khusus  rambut yang diwarnai. Jangan menggosok rambut terlalu keras ketika sedang keramas. Usap dan bilaslah rambut dengan halus.

3. Pakailah conditioner khusus untuk rambut yang diwarnai. Fokuskan pemakian pada bagian ujung rambut dan bilas hingga benar-benar bersih.

4. Ketika menyisir gunakanlah sisir yang memiliki gerigi besar atau yang jaraknya berjauhan, agar kerusakan rambut dapat diminimalisir.

5. Ketika akan menggunakan hair dryer, pastikan rambut anda tidak benar-benar basah. Keringkan terlebih dahulu menggunakan handuk, stelah hampir kering, hair dryer dapat digunakan. Hal ini dikarenakan semakin panas dan lama penggunaan hair dryer maka risiko rusaknya kutikel rambut akan semakin besar.

6. Gunakan hair dryer dan sisir saat menata rambut, hindari penggunaan curling iron dan hot roller.

7. Minimalkan penggunaan produk styling, seperti gel,  hair spray, dan mousse, karena dapat memudarkan kilau rambut.

8. Hindarkanlah rambut dari zat kaporit. Misalnya ketika sebelum berenang basahi rambut terlebih dahulu dengan air bersih. Setelah selesai berenang, bilaslah sebersih mungkin dengan air yang tidak mengandung kaporit. Selain itu, hindari juga sinar matahari langsung.

9. Jangan meluruskan atau mengeritingkan rambut setelah rambut selesai dicat, hal ini dikarenakan proses kimia yang berulang-ulang akan menyebabkan kerusakan yang cukup fatal pada rambut.

10. Gunakanlah produk perawatan untuk mencegah rambut rontok, misalnya serum  atau vitamin khusus untuk menguatkan akar rambut.