Thursday, July 04, 2013
0
Tips Mudah Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dan Cepat

Seperti yang telah kita ketahui, rambut merupakan mahkota wanita yang sangat berharga. Namun apa jadinya jika mahkota kaum hawa ini mengalami kerontokan. Kerontokan rambut yang semakin lam semakin parah. Mulai dari beberapa helai sampai puluhan hela rambut yang rontok setiap harinya.

Sebelum anda memutuskan atau mengambil sikap apa yang harus anda lakukan dengan rambut rontok anda, ada baiknya anda amati terlebih dahulu. Apakah rambut rontok anda telah mengalami kerontokan yang mencemaskan atau belum.

Seorang dokter spesialis  rambut mengatakan bahwa rambut dapat dikatakan mengalami kerontok apabila telah rontok lebih dari 100 helai. Jika anda mengalminya, berikut ini cara mengatasi rambut rontok secara alami dan cepat.

1. Jahe Dan Minyak Wijen
Salah satu jenis rempah yang sering dijadikan bumbu masakan ini ternyata memiliki khasiat untuk mencegah dan mengatasi kerontohan. hal ini dikarenakan kemampuannya yang dapat menambah kerja folikel rambut. Adapun cara mengatasi kerontokan dengan menggunakan jahe sangatlah mudah. Anda hanya cukup memarut jahe secukupnya kemudian mencampurkannya dengan minyak wijen. Setelah tercampur merata, oleskan ke tangan anda kemudian pijat-pijatkan ke kepala. Setelah merata, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu cuci bersih rambut anda dengan air dan sampo.

2. Protein
Sama halnya seperti jahe, protein juga dapat mengatasi rambut rontok. Oleh karena itu, anda harus lebih sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Misalnya ikan dan daging.

3. Vitamin B12
Selain dengan jahe dan makanan yang mengandung protein, rambut yang rontok juga sangat memerlukan vitamin B12 agar kembali sehat dan normal. Karena dengan vitamin B12 ini beberapa sel rambut dan kulit kepala  kita akan terlindungi dan sanantiasa sehat alami. Contoh makanan yang mengandung vitamin B12 adalah daging dan telur.

4. Minyak Lavender
Minyak lavender yang sering dijadikan sebagai salah satu sarana terapi ini juga memiliki khasiat dalam mengatasi rambut rontok. Anda hanya cukup memijat kepala anda menggunaka minya lavender sekitar 15 sampai 20 menit. Lakukan ini selama 2 kali dalam satu minggu.

5. Green Tea/ Teh Hijau
Green tea atau teh hijau mengandung antioksidan yang sangat berguna untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Selain itu teh hijau juga memiliki khasiat untuk menyegarkan kulit kepala. Untuk mengurangi rambut rontok dengan menggunakan teh hijau, anda cukup menyeduh teh hijau tersebut -jangan diminum- dan diamkan selama satu malam sampai basi. Setelah satu malam, basuhlah seluruh permukaan rambut kepala anda dengan air seduhan teh hijau tersebut. Setelah itu basuh dengan air hangat.

6. Lidah Buaya Dan Madu
Cara keenam untuk mengatasi rambut yang rontok adalah menggunakan lidah buaya dan madu. Sudah tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa lidah buaya memiliki khasiat untuk menyuburkan rambut. Selain dengan lidah buay, kita juga bisa menggunakan madu sebagai campurannya. Sediakan daun lidah buaya, kemudian kupas dan ambil lendir yang ada didalamnya, setelah itu campurkan dengan sedikit madu. Basuh rambut kepala anda dengan campuran lidah buaya dan madu tersebut. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bersihkan dengan air dan sampo.

Selain dengan mengikuti 6 tips mengatasi rambut rontok di atas. Anda juga harus meninggalkan kebiasaan menyisir pada saat rambut masih basah. Keadaan rambut yang masih basah jika disisr akan sangat mudah patah. Selain itu, disarankan untuk tidak tidur dalam keadaan rambut yang masih basah. Hal tersebut akan mengakibatkan rambut semakin rontok.