Saturday, September 28, 2013
0
Omega 3 Dan Manfaatnya

Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun omega 3 tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, sehingga untuk mendapatkan kebutuhan omega 3, kita harus memperolehnya dari asupan makanan.

Tubuh manusia membutuhkan sekitar 300 mg omega 3 setiap harinya. Sebagian besar omega 3 terdapat pada daging ikan, seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan tenggiri, ikan sarden, ikan hering, dan ikan air tawar. Selain pada ikan, omega 3 juga terdapata pada beberapa jenis makanan lain seperti kacang kenari, alpukat, walnut, bayam, dan kacang kedelai.

Omega 3 sendiri mengandung beberapa komponen zat yang sangat penting bagi tubuh seperti DHA (Docosahexaenoic acid), LNA (Linolenic acid), dan EPA (Eicosapentaenoic acid). Masing-masing komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda di dalam tubuh. DHA berfungsi sebagai jaringan pembungkus saraf yang berperan dalam melancarkan perintah saraf dan mengantarkan rangsangan saraf ke otak. LNA berperan dalam menghasilkan energi dari makanan yang dikonsumsi dan kemudian membawanya ke sel-sel tubuh yang membutuhkannya. Dan  EPA berfungsi dalam membantu pembentukan sel-sel darah & jantung, serta menyehatkan sistem peredaran darah dengan melancarkan sirkulasi darah.

Secara garis besar, omega 3 bermanfaat bagi pertumbuhan sel otak, tulang, organ penglihatan, dan menjaga kesehatan sel-sel pembuluh darah dan jantung.