Sunday, June 30, 2013
0
5 Tips Memilih Gitar Akustik Yang Baik

Pasti anda sudah mengetahui bahwa gitar merupakan salah satu alat musik yang cara memainkannya dipetik. Tapi, mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa gitar merupakan alat musik yang paling sering dipelajari di seluruh dunia. Dan saya yakin, anda juga pasti sedang atau pernah belajar gitar, atau bahkan mungkin anda telah menjadi seorang gitaris sebuah group band. Well, dalam postingan kali ini saya akan berbagi 5 tips memilih gitar akustik yang baik.

Mengapa anda harus mengetahui 5 tips memilih gitar akustik yang baik? Hal ini dikarenakan agar ketika anda membeli sebuah gitar, anda tidak menyesal telah membelinya karena telah salah pilih.

Seperti yang telah anda ketahui bahwa dipasaran terdapat banyak merk gitar yang telah populer dan memiliki kualitas yang baik. Biasanya gitar yang telah memiliki popularitas di pasaran ini harganya cukup mahal. Namaun, tidak semua gitar yang harganya mahal memiliki kualitas yang bagus atau baik.

Baiklah, langsung saja anda baca 5 tips memilih gitar akustik yang baik dibawah ini agar anda tidak menyesal nantinya. Semoga dapat membantu.

1. Pemilihan Bahan Gitar
Tips memilih gitar akustik yang pertama adalah pemilihan bahan gitar. Pilihlah kualitas bahan yang kuat, bahan yang kuat ini biasanya terbuat dari kayu lapisan atau tripleks. Selain itu, pilih juga gitar akustik yang sedikit lebih tebal. Sehingga memiliki suara yang baik dan jernih.

2. Pemilihan Neck Dan Fretboard
Tips memilih gitar akustik yang kedua adalah pemilihan neck dan fretboard. Pilihlah neck atau leher gitar yang lurus serta memiliki bahan yang kuat. Pemilihan bahan yang kuat ini agar gitar tidak mudah bengkok atau bahkan patah.
3. Pemilihan Tuning Peg
Tips memilih gitar akustik yang ketiga adalah pemilihan tuning peg atau alat yang berada di ujung gitar yang fungsinya untuk menyetem nada gitar. Pilihlah tuning peg yang terbuat dari bahan yang baik, yaitu bahan yang tidak mudah berkarat, sehingga kita tidak kesulitan ketika ingin menyetemnya.

4. Pemilihan Jumlah Fret
Tips memilih gitar akustik yang keempat adalah pemilihan jumlah fret atau pembatas yang memisahkan antar bara yang berada di neck gitar. Fret gitar akustik ini jumlahnya beragam, ada yang 12 sampai 14 dan ada juga yang 17 sampai 18. Anda harus mengecek dan mencoba fret tersebut satu persatu, apaka ada fret yang fals atau tidak.

5. Pemilihan Senar
Tips memilih gitar akustik yang kelima adalah pemilihan senar. Pilihlah jenis senar yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk senar jenis nylon sebenarnya lebih lentur dan juga awet. Namun suaranya tidak begitu keras. Sedangkan untuk jenis steel bisanya lebih cepat rusak.

Satu lagi tips tambahan dalam memilih gitar akustik yang baik adalah pemilihan warna dan bentuk. Sebenarnya pemilihan warna dan bentuk adalah masalah selera masing-masing. Namun fikirkan baik-baik warna dan bentuk gitar yang anda suakai agar anda lebih puas.