Monday, July 15, 2013
0


Tanah yang kita injak dan kita bangun rumah di atasnya sekilas tampak padat. Namun jangan terkecoh. Tanah yang begitu padatnya sewaktu-waktu dapat menganga, terbuka, dan menelan segala sesuatu yang berada di atasnya tanpa peringatan.

Fenomena lubang raksasa di permukaan tanah atau “Sinkhole” dapat terjadi dimanapun dan kapanpun. Dari yang berdiameter dan berkedalaman satu meter sampai ratusan meter. “Sinkhole” dapat terjadi dikarenakan adanya gua bawah tanah ataupun air hujan yang mengikis permukaan tanah secara terus-menerus.

Berikut ini 28 foto “Sinkhole” yang pernah terjadi di permukaan bumi di seluruh dunia.

#1


Pada tanggal 3 Juli 2013 sebuah mobil ditelan oleh “Sinkhole” di Toledo, Ohio, Amerika Serikat. Hail ini terjadi disebabkan oleh saluran air bawah tanah yang rusak. Mobil tersebut dikemudiakan oleh seorang wanita, Pamela Knox (60 tahun). Sang pengemudi merasa sangat shok saat peristiwa tersebut. Namun beruntung, ia tidak mendapatkan luka yang begitu parah.

#2


Foto di atas merupakan detik-detik penyelamatan Pamela Knox yang dilakukan oleh pemadam kebakaran.

#3


Seorang petugas pemadam kebakaran Los Angles terlihat sedang berada di bawah mobil pemadam kebakaran yang terjebak di dalam sebuah “Sinkhole”. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 8 September 2009. Empat petugas dikabarkan menjadi korban, namun tidak ada satupun yang terluka. Lubang raksasa yang muncul tersebut disebabkan oleh pipa saluran air bawah tanah yang meledak.

#4


Pada malam tanggal 11 November 1957, sebuah lubang raksasa muncul di permukaan tanah Seattle, Amerika Serikat. Lubang yang memiliki diameter sekitar 60 kaki tersebut muncul disebabkan oleh pipa saluran pembuangan air yang rusak.

#5


Lubang raksasa atau “Sinkhole” juga pernah muncul di San Antonio, Guatemala. Munculnya Sinkhole ini terjadi pada tanggal 23 Februari 2007. Peristiwa yang disebabkan oleh runtuhnya pipa pembuangan limbah ini telah menewaskan 3 orang dan menelan 12 rumah yang berada di atasnya.

#6


Terlihat beberapa petugas tengah melakukan evakuasi di sekitar “Sinkhole” di Guatemala.

#7


Winter Park, Florida juga tak luput dari ancaman Sinkhole. Pada 11 Mei 1981, muncul sebuah Sinkhole yang diklaim telah menelan beberapa rumah, mobil sport, dan jalan raya.

#8


Terlihat seorang pria tengah memeriksa sebuah lubang raksasa di bawah latai rumahnya. Peristiwa tersebut terjadi pada 19 Juli 2011. Lubang yang memiliki kedalaman 12 meter dan diameter 80 cm tersebut muncul setelah terdengar suara ledakan yang sangat dahsyat.

#9


Sebuah truk ditelan oleh Sinkhole di Shilizhuang, Beijing, Cina. Peristiwa yang terjadi pada 26 April 2011 tersebut melukai pengemudi dan satu orang penumpang.

#10


Tiga buah rumah rusak dan jalan raya terputus akibat Sinkhole yang terjadi di San Diego, pada tanggal 4 Oktober 2007.

#11


Terlihat petugas pemadam kebakaran sedang melakukan penyelamatan pada seekor sapi yang terperosok kedalam sebuah lubang raksasa. Kronologi terperosoknya sapi tersebut bermula saat dua ekor sapi menyebrang di atas sebuah tambang bawah tanah, tiba-tiba salah satu sapi ditelan oleh lubang yang muncul, pada tanggal 19 Juni 2001 di Prancis.

#12


Peristiwa pada gambar di atas terjadi pada hari Selasa, 11 Mei 2010 di Quebec, Kanada. Dikabarkan bahwa empat orang termasuk dua anak kecil hilang.

#13



#14
 



#15
 


#16
 


#17
 


#18
 


#19
 


#20
 


#21
 


#22
 


#23
 


#24
 


#25
 


#26



#27



#28