Saturday, September 28, 2013
0
Protein

Protein merupakan senyawa organik kompleks molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung hidrogen, nitrogen, karbon, oksigen, sulfur, dan fosfat. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel mahluk hidup dan virus.

Kebanyakan dari protein merupakan suatu enzim atau subunit enzim. Jenis protein yang lainnya berperan dalam fungsi mekanis atau struktural, misalnya protein yang membentuk batang & sendi sitoskeleton. Protein juga berperan dalam sistem kekebalan sebagai antibodi, komponen penyimpanan, sistem kendali dalam bentuk hormon, dan transportasi hara. Sebagai salah satu sumber gizi, protein juga berperan sebagai sumber asam amino bagi organisme.

Protein merupakan salah satu dari biomolekul raksasa, selain dari lipid, polinukleotida, dan polisakarida yang merupakan penyusun utama mahluk hidup. Protein juga merupakan salah satu molekul yang paling banyak diteliti dalam biokimia. Protein sendiri ditemukan pada tahun 1838 oleh Jöns Jakob Berzelius.