Wednesday, June 26, 2013
0
BBM Naik, Inilah Tips Cara Menghemat Bensin Kendaraan Anda
Baru-baru ini pemerintah telah menaikan harga BBM besubsidi. Hal ini tentu saja dirasa sangat membebani bagai sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia.  Apa lagi bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor. Tentu saja mereka harus merogoh kocek lebih dalam hanya untuk membeli beberapa liter bensin.

Mungkin tips-tips untuk menghemat bensin kendaraan anda dibawah ini tidak akan terlalu berpengaruh besar terhadap kenaikan harga BBM. Tapi setidaknya anda dapat menghemat penggunaan BBM untuk kendaraan yang anda miliki. Berikut ini tipsnya.



1. Kurangi Kecepatan
Kurangilah kecepatan ketika anda berkendara dengan kendaraan pribadi milik anda.  Hal ini dikarenakan selang bensin pada kendaraan anda akan melebar ketika anda memacunya terlalu kecang. Maka, usahakan kecepatan kendaraan yang anda tunggangi berkisar 60 km/jam saja.

2. Perhatikan Tekanan Angin
Menurut ahli teknisi motor, tekanan angin pada ban kendaraan anda  akan berpengaruh pada boros atau tidaknya kendaraan tersebut.  Oleh karena itu, anda harus memperhatikan tekanan angin pada kendaraan anda, sehingga bensin yang diperlukan oleh kendaraan pada proses pembakaran tidak terlalu boros.

3. Kurangi Beban Kendaraan
Usahakan beban yang anda muat pada kendaraan tidak melebihi tonase. Jika beban terlalu berat, maka bensin kendaraan anda akan cepat habis atau boros. Hal ini dikarenakan beban yang terlalu berat pada kendaraan akan menyebabkan beban pembakaran semakin besar, dan itu artinya kendaran anda membutuhkan bensin yang lebih dari biasanya.

4. Tidak Terlalu Lama Memanaskan Kendaraan
Kebanyakan orang ketika memanaskan kendaraan bisa sampai 5 (lima) menit. Sebenarnya ini tidak terlalu efektif sekaligus memboroskan bensin kendaraan. Anda bisa memanaskan kendaraan setengah samapi satu menit saja, kemudian jalankan kendaraan secara perlahan terlebih dahulu, setalah itu anda bisa memacu kenadaraan anda sampai pada kecepatan yang disarankan, sekitar 60 km/jam.

5. Gunakan Kendaraan Secara Bijak
Gunakanlah kendaraan anda secara bijak. Gunakan kendaraan hanya ketika kita benar-benar membutuhkannya. Usahakan juga untuk menggunakan kendaraan jika anda ingin pergi ke tempat-tempat penting saja. Jika jaraknya dekat, maka anda bisa menggunakan sepeda atau berjalan kaki saja. Selain menghemat kendaraan, hal ini akan membuat tubuh kita semakin sehat.