Friday, August 02, 2013
0

Cabe atau cabai merupakan buah dari tumbuhan anggota genus Capsicum. Buah cabe atau cabai dapat digolongkan kedalam jenis sayuran atau bumbu masakan, tergantung dari penggunaan cabe atau cabai itu sendiri. Salah satu bumbu masakan yang rasanya pedas ini biasanya berwarna hijau pada saat muda dan merah ketika sudah matang. Namun tahukan anda mengapa buah seimut cabe atau cabai ini memiliki rasa yang sangat pedas? Berikut penjelasannya.


Buah cabai mengandung zat capsaicin, suatu zat seperti minyak dan dapat menyengat sel-sel pengecap pada lidah. Zat capsaicin inilah yang mengakibatkan cabai terasa pedas dan panas di lidah.

Selain membuat pedas dan panas di lidah, capsaicin juga dapat membuat orang yang mengonsumsi merasa ketagihan atau kecanduan. Itu sebabnya banyak orang yang sangat menyukai rasa pedas pada cabai.

Itulah alasana mengapa buah seimut cabai memiliki rasa yang sangat pedas. Berhati-hatilah mengonsumsi buah ini, jika teralalu banyak maka akan mengakibatkan perut terasa sakit. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, maka buah cabai dapat memberikan banyak manfaat.