Tuesday, September 03, 2013
0
6 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Buah sirsak (nangka belanda atau durian belanda) yang memiliki nama latin Annona muricata merupakan tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Utara. Buah yang rasa dan bentuknya khas ini ternyata memiliki banyak manfaat. Namun kali ini saya tidak akan membahas manfaat buah sirsak, melainkan manfaat daun sirsak. Ya, ternyata bukan hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, daunnya pun sangat bermanfaat, khususnya bagi kesehatan. Berikut ini telah saya rangkum 6 manfaat daun sirsak bagi kesehatan.


1. Mencegah Kanker
Siapa sangka, daun sirsak yang rasanya pahit memiliki manfaat dalam mencegah dan bahkan mengobati kanker. Daun sirsak dapat dijadikan obat sementara, karena memiliki efek yang sama seperti halnya kemoterapi. Ketika dikonsumsi, daun sirsak akan membunuh sel-sel abnormal yang tumbuh, dan sama sekali tidak mempengaruhi sel-sel lainnya yang normal. Efek yang ditimbulakan daun sirsak tersebut akan dapat terlihat kurang dari dua minggu.

2. Menyembuhkan Masalah Kulit
Daun sirsak dapat menyembuhkan berbagai maslah kulit, seperti eksim. Caranya dengan menghaluskan daun sirsak menggunakan blender, setelah itu oleskan pada kulit yang bermasalah.

3. Menyembuhkan Penyakit
Daun sirsak segar yang direbus dapat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti disentri, diare, kandung kemih, gangguan pencernaan, demam, dan batuk.

4. Kompresan
Daun sirsak yang direbus dan kemudian ditumbuk dapat digunakan sebagai kompres untuk berbagai jenis radang dan kaki bengkak.

5. Mengobati Insomnia
Daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati insomnia.

6. Menurunkan Tekanan Darah
Daun sirsak sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita masalah tekanan darah, karena dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.