Monday, July 15, 2013
0

Dalam menjalankan program diet, buah-buhan memiliki peran yang cukup penting. Hal ini dikarenakan buah-buahan  mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral. Namun sayangnya, kebanyakan orang Indonesia sangat kurang dalam mengonsumsi buah-buahan. Menurut sebuah penelitian, orang Indonesia hanya mengonsumsi buah-buahan 5% per minggu. Oleh karena itu, cobalah untuk membiasakan diri mengonsumsi buah-buahan ketika ataupun sesudah Anda menjalankan program diet sehat.

Ada banyak jenis buah-buahan yang diperjualbelikan di pasaran. Dan hampir semuanya dapat dijadikan menu diet sehat. Di bawah ini ada 8 buah-buahan yang kaya akan vitamin dan serat, sehingga sangat cocok untuk dijadiakan menu diet sehat Anda.

Buah Jeruk


Seperti yang telah kita ketahui, buah jeruk sangat kaya akan Vitamin C. selain itu, kandungan glukosa di dalam buah jeruk sangat berguna untuk meningkatkan aktifitas otak. Karena sifatnya yang tidak dapat langsung diubah menjadi energi dan harus melewati tahap lainnya, maka buah kuning yang satu ini sangat dianjurkan sebagai menu diet. Buah jeruk sangat baik jika dimakan beserta dengan kulit arinya, hal ini dikarenakan kulit ari pada jeruk mengandung serat yang cukup banyak.

Buah Apel


Seperti halnya buah jeruk, kandungan serat pada buah apel juga cukup tinggi. Namun bukan hanya serat, buah apel juga memiliki gizi yang tinggi, sehingga sangat baik jika dijadikan sebagai salah satu menu diet.

Buah Pepaya


Saya yakin anda semua telah mengetahui khasiat buah pepaya. Buah yang memiliki bentuk khas ini sangat bermanfaat dalam memperlancar proses pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat pada buah pepaya sangat tinggi. Oleh karena itu, buah pepaya cocok sebagai menu diet sehat.

Buah Pisang


Buah pisang, buah yang berwarna kuning dan berbentuk memanjang ini sangat kaya akan serat, sama halnya dengan buah apel, jeruk, dan pepaya. Selain itu buah pisang memiliki jutaan manfaat lainnya. Buah ini sangat cocok untuk diet.

Buah Melon


Hampir semua orang mengenal buah melon. Buah yang kaya akan serat dan vitamin ini sangat tepat jika dijadikan menu diet.

Buah Anggur

 

Buah anggur, buah yang biasa dijadikan minuman ini mengandung serat yang tinggi dan memiliki rasa yang sangat enak. Selain itu, buah anggur juga sangat menyehatkan tubuh.

Buah Mangga


Ketika masih muda (baca:belum matang), buah mangga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan kandungan mineral yang relatif masih sedikit. Namun ketika telah mencapai usia matang, buah yang memiliki banyak varietas ini mengandung nilai gizi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, disarankan agar mengkonsumsi buah ini saat usianya telah cukup matang.

Buah Kiwi


Sama seperti buah-buahan yang telah disebutkan sebelumnya. Buah kiwi memiliki vitamin dan serat tinggi yang baik untuk menu diet sehat.