Saturday, September 21, 2013
0
Mengapa Semut Jalan Berbaris?

Pasti anda pernah melihat kerumunan semut yang sedang berjalan di tembok, tanah, atau di dahan pohon. Bisanya kerumunan semut tersebut berjalan berbaris atau berurutan satu sama lain. Jika para semut berkumpul mereka akan berjalan berbaris seperti halnya polisi atau tentara. Pernahkah terpintas dalam benak anda mengapa semut jalan berbaris? Semut merupakan hewan yang hidup berkelompok. Jika akan pergi ke suatu tempat untuk mencari makanan, mereka akan melakukannya bersama-sama.

Alasan mengapa semut jalan berbaris karena semut yang berada di belakang mengendus aroma temannya yang berada di depan. Aroma yang ditinggalkan oleh semut itu dinamakan pheromone. Dengan cara mengendus aroma pheromone, semut bisa mengikuti teman di depannya dan mengetahui jalan.

Saat berjalan, semut juga akan meninggalkan aroma di tempat yang telah mereka lewati. Sehingga, ketika mereka akan kembali ke sarangnya, tidak akan salah arah. Biasanya ketika berjalan ke luar sarang untuk mencari makan semut akan dibimbing oleh semut pemimpin. Semut-semut tersebut akan berjalan mengikuti pemimpinnya yang meninggalkan aroma dibelakangnya sehingga semut-semut lain bisa mengikutinya.