Saturday, September 21, 2013
0
6 Cara Mudah Berhenti Merokok Dengan Cepat

Meskipun semua orang mengetahui bahaya merokok, namun tidak semua orang mampu meninggalkan kebiasaan buruk ini. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh mengapa kebiasaan tersebut masih melekat adalah niat. Jika seseorang tidak memiliki niat dan tekad yang bulat, maka percuma saja segala usaha yang telah dilakukan selama ini. Jadi sebelum menjalankan beberapa tips dibawah ini, persiapkan terlebih dahulu niat dan keinginan untuk berhenti merokok.

Berikut ini 6 cara mudah berhenti merokok dengan cepat yang telah terbukti ampuh, jitu, efektif, dan terbaik.

Bulatkan Tekad
Langkah pertama yang harus anda lakukan agar berhasil menghentikan kebiasaan merokok adalah membulatkan tekad. Bulatkan hati dan pikiran bahwa apapun yang terjadi tidak akan kembali menyentuh barang berbahaya tersebut.

Anda harus selalu mengingat bahwa kebiasaan merokok dapat berakibat buruk bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Jangan pula menanyakan pada hati kecil anda apakah siap jika menerima segala konsekuensinya jika kebiasaan tersebut kembali anda lakukan.

Beberapa konsekuensi yang harus anda terima diantaranya kanker, serangan jantung, impotensi, dan lain sebagainya. Dengan memikirkan hal-hal tersebut diharapkan tekad anda semakin bulat.

Tentukan Kapan Memulainya
Tahap kedua adalah pemilihan hari, bulan, dan tanggal kapan anda ingin mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Penentuan kapan anda ingin memulai berhenti merokok ditujukan agar memudahkan dalam menghitung berapa lama usaha yang telah dilakukan.

Buat Daftar Alasan Pada Secarik Kertas
Untuk membantu usaha anda, buatlah beberapa daftar alasan mengapa anda harus berhenti merokok. Silahkan buat beberapa daftar alasan pada secarik kertas dan bacalah tulisan tersebut saat tekad dan niat sudah mulai goyah. Hal ini dapat mengurangi keinginan anda untuk menyentuh tembakau kembali.

Beritahu Semua Orang
Tahap selanjutnya memberi tahu semua orang, seperti keluarga, sahabat, teman, rekan kerja, dan lain sebagainya mengenai niat dan keinginan anda untuk berhenti merokok. Dengan cara ini, kemungkinan besar orang-orang yang anda beri tahu tersebut akan selalu mengingatkan anda ketika lupa dengan niat dan keinginan tersebut.

Jangan Simpan Rokok
Tahap kelima jangan menyimpan rokok. Hal ini dilakukan agar anda lebih mudah dalam memanage niat dan tekad, buang jauh-jauh semua rokok dari dalam rumah anda. Karena menurut sebuah penelitian, gangguan terbesar yang sering menjadi penyebab kegagalan seseorang dalam meninggalkan kebiasaan merokok adalah masih adanya rokok di dalam rumah. Selain rokok, anda juga harus membuang semua hal yang mengingatkan anda pada rokok seperti asbak dan lain sebagainya.

Sibukkan Diri Anda
Tahap terakhir yang harus anda lakukan adalah menyibukan diri anda dengan berbagai aktifitas positif. Jangan biarkan sedikitpun terlintas dalam pikiran anda untuk kembali meneruskan kebiasaan merokok. Berbagai kegiatan positif yang bisa anda coba diantaranya membaca buku, bermain dengan si buah hati, dan lain sebagainya.

Demikianlah 6 cara mudah berhenti merokok dengan cepat, semoga cara-cara yang telah terbukti ampuh, jitu, efektif, dan terbaik tersebut dapat membantu anda.