Wednesday, September 18, 2013
0
10 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem saraf pusat. Otak manusia memiliki lebih dari 100.000.000.000 (seratus miliar) saraf yang masing-masing terikat dengan 10.000 saraf lainnya. Otak mengatur dan mengkordinasikan gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostasis. Fungsi tubuh homeostatsis ini seperti keseimbangan cairan tubuh, tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas berbagai macam fungsi, seperti ingatan, emosi, pembelajaran motorik, pengenalan, dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Dengan kerumitan otak seperti yang telah dijelaskan di atas, maka anda harus benar-benar menjaga otak dengan sebaik-baiknya. Hindarilah kebiasaan-kebiasaa buruk yang dapat merusak otak. Berikut ini 10 kebiasaan buruk yang dapat merusak otak.

1. Tidak sarapan
Jika seseorang tidak makan di pagi hari (baca: sarapan) akan menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini akan mengakibatkan kurangnya pasokan nutrisi pada otak yang akhirnya akan berdampak pada kemunduran otak.

2. Makan berlebihan
Terlalu banyak makan atau berlebihan dapat mengeraskan pembuluh otak yang biasanya mengakibatkan menurunnya kekuatan mental.

3. Merokok
Merokok dapat menyebabkan otak menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi. Selain itu, ketika tua akan rawan menderita Alzheimer.

4. Mengkonsumsi gula berlebihan
Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menghalangi penyerapan protein dan gizi, sehingga tubuh akan kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

5. Polusi udara
Otak merupakan organ tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan yang udarnya telah tercemar polusi membuat kerja otak tidak efisien.

6. Kurang tidur
Ketika tidur, artinya kita sedang mengistirahatkan otak setelah bekerja keras seharian. Sering melalaikan tidur (baca: tidak mengistirahatkan otak) dapat membuat sel-sel otak mati kelelahan.

7. Menutup kepala ketika sedang tidur
Menutup kepala ketika sedang tidur merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sangat berbahaya. Kebiasaan ini dapat membuat otak tercemar karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi. Lama kelamaan otak menjadi rusak.

8. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
Bekerja keras atau berfikir keras ketika kondisi tubuh sedang kurang sehat dapat memperparah ketidakefektifan otak.

9. Kurangnya stimulasi otak
Berpikir merupakan cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir dapat membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.

10. Jarang bicara
Percakapan intelektual biasanya dapat memberi efek positif pada otak.