Sunday, September 01, 2013
0
5 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Menangis merupakan respon akibat dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang, seperti rasa sakit, sedih, frustasi, kehilangan, ataupun ketakutan. Terlepas dari alasan seseorang menangis, sebuah penelitian menunjukan bahwa 88,8% orang merasa lebih baik setelah menangis. Berikut ini penjelasan beberapa manfaat dari menangis.



1. Mengurangi Stres
Menurut sebuah penelitian, air mata mengandung 98% air dan di dalamnya terkandung hormon stress. Sehinggi ketika anda menangis, maka hormon stress tersebut akan keluar secara bersamaan dengan air mata yang menetes.

2. Melegakan Perasaan
Menangis memang tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Namun tahukah anda, ketika tubuh terlalu banyak mengandung zat mangan (Mn), maka akan menimbulkan banyak perasaan negatif. Dengan menangis, zat mangan yang berlebihkan tersebut akan terangkut dari dalam tubuh, sehingga akan dapat melegakan perasaan.

3. Membunuh Bakteri
Tanpa anda sadari, ketika anda sedang menangis, sebenarnya anda telah membunuh bakteri-bakteri jahat yang ada pada mata. Hal ini dikarenakan mata mengandung suatu enzim yang bernama lisozim, yaitu enzim yang dapat membunuh sampai 95% bakteri.

4. Menghilangkan racun
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli biokimia bernama William Frey, menemukan sebuah fakta yang mencengangkan. Air mata seseorang yang terbentuk ketika sedang mengalami kesediahan ternyata lebih beracun dari air mata yang terkena debu atau iritasi. Ketika anda menangis, itu artinya anda telah menghilangkan racun-racun yang ada.

5. Melembabkan Mata
Pasti sudah banyak yang tahu bahwa fungsi dari air mata adalah untuk melembabkan mata, agar mata tetap bisa melihat dan terhindari dari kekeringan. Dengan menangis fungsi mata akan bekerja secara normal dan tetap lembab.