Saturday, July 13, 2013
0

15 makanan penurun kolesterol jahat (LDL) - Banayk orang yang menganggap negatif mengenai kolesterol, namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh yang memiliki peran penting bagi pembentukan hormon, aktivitas membran sel, vitamin, dan asam empedu. Selain itu, kolesterol juga membantu dalam transmisi implus saraf.

Menurut penelitian yang ada, tingkat kolesterol dalam darah seseorang sangat tergantung pada makanan yang orang tersebut konsumsi dan bagaimana tubuhnya membentuk kolesterol di dalam hati. Sebenarnya memiliki banyak kolesterol dalam tubuh bukanlah sebuah penyakit, namun dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dalam sistim kardiovaskuler.

Kolesterol terbagi menjadi dua, ada kolesterol buruk/jahat yang disebut Low Density Lipoprotein (LDL) dan ada kolesterol baik yang disebut High Density Lipoprotein (HDL). Low Density Lipoprotein (LDL) dapat menyebabkan penyakit jantung. Sedangkan High Desity Lipoprotein (HDL) dapat menghilangkan kelebihan LDL dalam darah.  Berikut ini 15 makanan penurun kolesterol.

1. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan seperti almond dan kenari dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian menunjukan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi beberapa butir kenari setiap hari, maka akan mengurangi kolesterol sebanyak 27%. Berdasarkan pernyataan dari lembaga pengawas obat dan makanan Amerika, jika seseorang memakan 42,5 gram atau satu genggam kacang almond, kacang tanah, kacang pistachio, kacang pinus, hazelnut, pecan, dan walnut, dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Teh Hijau
Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa kandungan theanine pada teh hijau dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mencegah pembentukan LDL atau kolesterol jahat. Untuk mendapatkan manfaat teh hijau tersebut, setiap harinya harus meminum empat (4) cangkir teh hijau tanpa gula.

3. Tomat
Dengan meminum dua (2) gelas jus tomat setiap harinya, maka dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh.

4. Buah Anggur Merah
Meminum  dua gelas jus anggur merah setiap hari dapat meningkatkan koleterol baik (HDL) dalam tubuh.

5. Blueberry
Kandungan buah blueberry sangat bermanfaat untuk melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan zat tersebut memiliki kemampuan seefektif obat kimia.

6. Plum
Seperti halnya buah blueberry, kandungan plum sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat.

7. Produk Kedelai
Susu kedelai, tahu, dan tempe dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh dan tentunya kaya protein.

8. Bawang Putih
Bawang putih dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat jika kita mengkonsumsi 600 sampai 900 mg atau sekitar satu siung bawang putih setiap harinya.

9. Minyak Zaitun
Sebuah penelitian di Spanyol menemukan bahwa diet yang diperkaya dengan minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol jahat.

10. Minyak Kelapa
Menurut penelitian Nutrition Sciences kandungan minyak kelapa alami atau nonhidrogenasi mampu meningkatkan kolesterol baik.

11. Alpukat
Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

12. Flaxseed Oil
Flaxseed oil atau minyak biji rami mampu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian terhadap 59 pria paruh baya yang mengkonsumsi suplemen flaxseed oil setiap hari mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan.

13. Ikan Dan Minyak Ikan
Penelitian di sebuah Universitas di Norwegia menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi minyak ikan selama 9 minggu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuhhnya.

14. Buah Delima
Jus buah delima dapat mengurangi penumpukan plak kolesterol.

15. Yogurt Dengan Probiotik
Lactobacillus reuteri dan probiotik lactobacillus acidophilus dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cara mencegah reabsorpsi kolesterol kembali ke aliran darah.