Thursday, August 01, 2013
0
Terkadang jika kita teralu lama berada di dalam ruangan ber-AC membuat hidung tersumbat. Akibatnya nafas akan terasa berat dan sesak.  Gangguan tersebut tentu saja akan berdampak pada aktivitas.

“Hidung tersumbat yang tidak disertai dengan demam ataupun rasa nyeri, kemungkinan besar disebabkan oleh alergi.” Tutur Prof. Dr. dr Purwantyastuti M.Sc, SpFK. “Bisa jadi sumbatan pada hidung disebabkan radang sinusitis, bila sumbatan disertai dengan keluarnya cairan terutama jika sedang menunduk.” Lanjut sang dokter.
Selama tidak menunjukan adanya tanda-tanda infeksi, seperti demam, nyeri, dan kotoran hidung yang kental kehijauan, maka antibiotik belum diperlukan. Selain itu, cek terhadap paru-paru juga belum diperlukan jika gangguan yang diderita hanya terjadi pada satu lubang hidung saja.

Untuk mendeteksi ada atau tidaknya peradangan, lakukan rontgen pada area sinus dan untuk mengurangi pembengkakan selaput lendir, gunakan obat tetes hidung. Mungkin saja sumbatan pada hidung terjadi akibat adanya pembengkakan.