Thursday, August 01, 2013
0

Urin atau air seni atau air kencing merupakan cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Fungsi urin sendiri untuk membuang zat sisa dari dalam tubuh, seperti racun dan obat-obatan. Namun ada 4 fakta mengejutkan tentang penggunaan urin manusia, berikut keempat fakta tersebut.

1. Urin Sebagai Bahan Bakar
Pada tahun 2012 yang lalu, tiga orang siswa di Nigeria menciptakan sebuah generator yang dapat menyala dengan menggunakan bahan bakar dari urin manusia. Perangkat tersebut menggunakan sel elektrolit untuk memecah molekul dan mengekstraksi hidrogen murni yang terdapat pada urin.

Ilmuwan dari Bristol Robotics Laboratory juga telah menyelidiki sel bahan bakar urine. Bedanya, mereka menggunakan mikroba untuk memecah molekul yang terdapat pada urin sehingga mampu menghasilkan listrik.

2. Urin Sebagai Air Minum
Sebenarnya manusi telah mulai meminum urin sejak ribuan tahun yang lalu, biasanya untuk alasan kesehatan. Dan baru-baru ini NASA telah mengembangkan sistem filtrasi untuk mengubah keringat dan urin manusia menjadi air minum. Sebuah alat yang dinamakan Forward Osmosis Bag (FOB) dirancang unruk para astronot sebagai sumber tambahan air minum di luar angkasa.

3. Urin Sebagai Obat
Para ilmuan yang telah melakukan sebuah penelitian terhadap urin wanita menopause menemukan sebuah fakta yang mengejutkan, ternyata urin pada wanita menopause dapat dijadikan sebagai obat.

Di beberapa negara, urin manusia biasa dijadikan sebagai obat yang dapat menyembuhkan racun dari binatang. Seperti racun pada hewan laut, bulu babi.

4. Urin Sebagai Kompos
Ketika para peneliti menggabungkan kompos dengan urin manusia, mereka mendapati sebuah hasil riset yang mengejutkan. Mereka menemukan sebuah pupuk baru yang lebih unggul dari pupuk kompos biasa. Meskipun tidak sebagus kualitas pupuk komersil,  namun pupuk kompos yang dicampur dengan urin manusia ini lebih hemat biaya dan tentunya rahmah lingkungan.