Saturday, August 03, 2013
0

Siapa yang tak kenal cabai atau cabe rawit. Salah satu bumbu masakan yang rasanya pedas ini sangat sering kita jumpai sehari-hari, khususnya bagi penikmat rasa pedas. Selain memiliki rasa yang sangat pedas, ternyata cabe rawit juga memiliki manfaat lain bagi orang yang mengonsumsinya. Apa sajakah manfaatnya? Berikut ini 7 manfaat cabe rawit.

1. Meredakan Pilek
Cabai mengandung suatu zat yang dinamakan capsaicin, kandungan capsaicin pada cabai ini dapat meredakan pilek. Capsaicin berperan dalam proses pengenceran lendir, sehingga lendir yang menyumbat hidung dapat dikeluarkan.

2. Menghilangkan Sakit Kepala Dan Nyeri Sendi
Kandungan capsaicin pada cabai akan mencegah pengiriman sinyal rasa sakit (kepala dan sendi) dari pusat sistem saraf ke otak, sehingga rasa sakit tersebut akan berkurang dan bahkan hilang.

3. Memperkecil Risiko Terserang Stroke
Dengan mengonsumsi capsaicin secara rutin, darah akan tetap encer dan kerak lemak pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga darah dapat mengalir dengan lancar. Hal ini akan mengurangi risiko jantung koroner, stroke, impotensi, dan penyumbatan pembuluh darah.

4. Meningkatkan Nafsu Makan
Cabai dapat meningkatkan nafsu makan bagi orang yang mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan kandungan capsaicin pada cabai dapat merangsang produksi hormon endofrin. Hormon endofrin ini berperan dalam membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga nafsu makan orang yang mengonsumsi cabai akan bertambah.

5. Mengandung Vitamin
Cabai mengandung vitamin C dan provitamin A yang sangat dubutuhkan oleh tubuh.

6. Mengandung Fosfor & Kalsium
Selain mengandung vitamin C dan provitamin A, cabai juga mengandung fosfor dan kalsium yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh.

7. menghilangkan rasa dingin
Cabai dapat menghilangkan rasa dingan dengan cara mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa dingin tersebut.