Thursday, July 04, 2013
0
[Inilah] 5 Penyebab Uban Rambut Pada Usia Muda
Penyebab Uban Rambut Pada Usia Muda - Uban merupakan rambut pada manusia yang berubah warna dari hitam kemudian abu-abu dan akhirnya putih. Pada umumnya rambut orang Indonesia berwarna hitam, hal ini dikarenakan adanya kandungan melanin yang  tinggi pada rambut. Ketika rambut mulai beruban, hal ini adalah akbit dari melanin yang tidak dapat diproduksi lagi, sehingga rambut baru yang muncul tidak lagi memiliki kandungan melanin dan berwarna putih atau abu-abu. Uban yang muncul ini biasanya disebabkan oleh faktor usia dan kemampuan tubuh dalam memproduksi melanin.  Sehingga uban akan muncul setidaknya pada usia 40 tahun lebih. Namun, uban juga dapat muncul pada usia muda. Pada usia muda ini biasanya muncul karena berbagai sebab. Berikut ini penyebab munculnya uban rambut  pada usia muda.


1. Faktor Genetik
Faktor genetik ternyata merupakan salah satu penyebab uban tumbuh pada usia yang relatif masih muda. Pewarisan sifat dari kedua orang tua ini salah satunya dalam hal warna pada rambut. Oleh karena itu, jika ada salah satu orang tua anda yang cepat memiliki uban di usia muda, maka kemungkinan besar anda juga akan memiliki uban pada usia yang relatif muda.


2. Faktor Usia

Telah saya jelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab munculnya uban adalah faktor usia. Jika usia anda sudah lebih dari 30 tahun, maka jangan sesali jika rambut anda beruban. Hal ini merupakan kejadian yang alami dan normal.


3. Kondisi Medis

Kondisi medis juga dapat menyebabkan rambut beruban, walapun kasusunya sangat jarang terjadi. Jika anda kekurangan beberapa nutrisi dan kondisi metabolisme tertentu, maka kemungkinan besar uban akan muncul di usia yang masih terbilang muda sekalipun. Selain itu, ketika seseorang mengidap penyakit kanker dan kemudaian menjalani kemoterapi, maka akan mempengaruhi zat yang memproduksi warna hitam pada rambut. Sehingga rambut akan beruban. Namun perubahan warna rambut ini hanya akan terjadi ketika seseorang menjalani kemoterapi, setelah prosesnya selesai maka uban tidak akan tumbuh lagi.


4. Stres

Stres termasuk salah satu penyebab rambut beruban di usia muda. Sebenarnya penyebab rambut beruban ini bukan karena stressnya. Tetapi dikarenakan perasaan tegang atau gelisah yang amat sangat kuat. Sampai sekarang belum ada penjelasan secara medis mengenai peristiwa ini. Namun salah seorang pakar mengatakan bahwa seseorang yang mengalami stressful akan membawa pengaruh besar terhadap fisiologis.

5.Merokok

Menurut penelitian, merokok dapat menimbulkan tumbuhnya uban akibat dari adanya radikal bebas yang diproduksi tubuh ketika seseorang merokok. Sebagaimana yang telah kita ketahui, asap dari rokok dapat menyebabkan gigi yang menguning dan keriput pada kulit. Dan menurut penelitian tersebut uban yang tumbuh juga termasuk akibat dari asap rokok.