Thursday, June 27, 2013
0
15 Tanda Kehamilan atau Ciri-Ciri Hamil
Jika anda sedang mencari tahu mengenai tanda kehamilan pada wanita, disinilah tempat yang tepat untuk mengetahui hal tersebut. Sebenarnya ada banyak ciri hamil pada seorang wanita, namun disini saya hanya akan menjelaskan 15 tanda kehamilan pada wanita, atau tepatnya tanda-tanda seorang wanita akan hami.

Langsung saja, berikut ini adalah ciri-ciri atau tanda-tandanya.

1. Payudara Akan Terasa Sakit
Payudara akan terasa sakit pada seorang wanita yang akan mengalami kehamilan. Rasa sakit ini akan lebih terasa pada waktu pagi hari. Selain itu, puting payudara pada wanita yang akan hamil akan mengalami perubahan ukuran menjadi lebih memanjang.

2. Rasa Lelah Yang Berlebih
Wanita yang akan mengalami kehamilan akan sangat mudah tertidur akibat dari rasa lelah yang berlebihan. Hal Ini dikarenakan adanya perubahan hormon serta kinerja dari organ-organ vital yang membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Namun biasanya rasa lelah yang berlebihan ini hanya berlangsung pada trimester pertama (antara 0 sampai 12 minggu) dan akan berkurang kemudian hilang pada trimester kedua (antara 12 samapi 28 minggu).

Notes:
1. Kehamilan Trimester pertama antara 0 sampai 12 minggu.
2. Kehamilan Trimester kedua antara 12 sampai 28 minggu
3. Kehamilan Trimester ketiga/terakhir antara 28 sampai 40 minggu.

3. Mual-mual
Wanita yang akan atau sedang hamil akan sering merasa mual. Hal ini dikarenakan  hormon yang berada di aliran darah meningkat secara tiba-tiba. Gejala mual yang dirasakan ini biasanya terjadi selama 6 (enam) minggu saat seorang wanita dinyatakan hamil. Rasa mual ini biasanya terjadi pada pagi, siang, dan malam hari. Pada trimester kedua (antara 12 sampai 28 minggu) rasa mual ini akan berangsur-angsur hilang. Namun apabila rasa mual ini terus menerus terjadi melebihi trimester kedua, anda harus segera berkosultasi mengenai hal ini kepada dokter.

4. Sering Buang Air Kecil
Tanda-tanda kehamilan yang keempat adalah sering buang air kecil. Hal Ini disebabkan tubuh seorang wanita hamil akan memproduksi cairan tambahan untuk janinnya. Oleh karena itu, ketika seorang wanita hamil merasakan ingin buang air kecil, maka jangan pernah menahannya. Ketika terjadi gejala ini, anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi.

5. Sakit Kepala
Sakit kepala memang bisa dialami oleh siapa saja, bahkan oleh orang yang tidak sedang hamil sekalipun. Namun sakit kepala juga bagian dari ciri-ciri seorang wanita sedang mengalami kehamilan. Hal ini akibat dari banyaknya perubahan hormon di dalam tubuh dan juga di dalam kepala.

6. Sakit Punggung
Tnada-tanda lain  pada wanita yang akan atau sedang hamil adalah sakit punggung. Sakit punggung ini dikarenakan bebrapa ligamen yang ada di punggung anda sudah tidak ada. Sakit punggung yang dirasakan wanita hamil ini akan terus terasa seiring dengan berat badan yang terus bertambah selama masa kehamilan.

7. Kram
Kram yang dirasakan oleh wanita hamil ini disebabkan adanya pembesaran dan perenggangan pada rahim yang akan menjadi tempat bagi sang jabang bayi.

8. Ngidam
Sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan kata Ngidam. Biasanya ngidam seorang wanita hamil ini aneh/tidak lazim atau meminta buah-buahan yang rasanya asam. Jika akhir-akhir ini anda, istri, atau saudara anda sering meminta permintaan yang aneh/tidak lazim atau meminta buah-buahan yang rasanya asam, ada kemungkinan anda atau orang tersebut sedang hamil.

9. Sembelit
Ciri-ciri wanita yang akan atau sedang hamil selanjutnya adalah sembelit. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron di dalam tubuh. Hormon progesteron yang meningkat mengakibatkan kendurnya otot-otot rahim dan otot dinding usus, sehingga menyebabkan sembelit. Sembelit yang dirasakan ini sebenarnya sangat menguntungkan bagi wanita hamil, dikarenakan kemungkinan penyerapan nutrisi yang lebih maksimal pada saat hamil.

10. Moody
Wanita yang sedang hamil biasanya mudah marah dan cepat mengalami perubahan tingkah laku. Hal tersebut dikarenakan ada banyak hormon-hormon baru yang muncul pada tubuh wanita hamil.

11. Peningkatan Suhu Tubuh
Tanda-tanda kehamilan yang ke 11 adanya peningkatan suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini akan terus berlanjut selama masa kehamilan.

12. Bau Badan
Sebenarnya tanda-tanda yang satu ini jarang dialami pada wanita hamil. Munculnya bau badan ini disebabakan adanya peningkatan hormon di dalam tubuh yang berlebihan sehingga meningkatkan kelenjar keringat.

13. Pingsan
Pingsan yang terjadi pada wanita hamil ini dikarenakan kadar gula di dalam tubuh rendah. Oleh karena itu, wanita hamil harus makan yang cukup dan memperbanyak minum air putih agar cairan dan kadar gula dalam tubuh terpenuhi.

14. Munculnya Bercak Darah
Munculnya bercak darah ini terjadi sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8 (delapan) sampai 10 (sepuluh) hari setelah terjadinya pembuahan (ovulasi). Bercak dara yang muncul ini disebabkan implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim.

15. Hasil Positif Pada Tes Kehamilan
Tes kehamilan adalah cara paling mudah untuk mengetahui apakah seorang wanita sedang hamil atau tidak. Gunakan alat tes kehamilan untuk memperjeal dan meyakinkan bahwa seorang wanita sedang hamil.

Itulah ciri-ciri atau tanda-tanda seorang wanita yang akan atau sedang hamil. Semoga penjelasan-penjelasa di atas dapat membantu.