Sunday, June 30, 2013
0
5 Tips Memilih Antena Dan Memasang Antena Televisi (TV) Yang Benar Dan Efektif
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sekarang ini perkembangan teknologi semakain canggih. Salah satunya adalah media elektronik berupa Televisi (TV). Hal Ini dibuktikan dari semakin banyak operator siaran Televisi (TV) berlangganan. Bahkan banyak perusahaan telekomunikasi  yang ada di Indonesia mulai mencoba memasarkan jasa siaran Televisi (TV) kabel melalui layanan internet. Selain itu, adanya siaran Televisi (TV) satelit atau siaran Televisi (TV) yang menggunakan parabola juga sangat populer di kalangan masyarakat indonesia. Namun sayangnya anda harus mengeluarkan dana kurang lebih 1,5 juta rupiah untuk membeli beberapa perangkat yang akan digunakan.

Dari sekian banyak sarana tayangang Televisi (TV) yang ada di Indonesia, kebanyakan masyarakat masih memilih untuk menggunakan Televisi (TV) analog atau yang menggunakan antena. Hal ini dikarenakan masyarakat bisa menonton secara gratis. Namun, pasti anda akan merasa kesal ketika sedang asyik-asyiknya menonton Televisi (TV) tiba-tiba layar kaca yang anda saksikan penuh dengan ‘semut’. Hal ini sering terjadi terutama pada siaran Televisi (TV) yang menggunakan modulasi analog tersebu, misalnya pada siaran UHF dan VHF.

Salah satu penyebab dari hilangnya gambar pada layar kaca adalah pemasangan antena yang kurang tepat. Berikut ini beberapa tips memilih antena dan memasang antena Televisi (TV) yang benar dan efektif.

Tips memilih dan memasang antena yang pertama, pilihlah antena deret  yang mempuyai elemen lebih panjang dan banyak, karena director yang lebih panjang akan mendapatkan gain atau penguatan yang lebih besar. Selain itu, dengan director yang lebih panjang maka pemancaran arah dari pemancar lebih tepat dan interferensi dari pantulan gedung yang lebih tinggi tidak begitu mempengaruhinya.

Tips memilih dan memsang antena yang kedua, pilihlah kabel coaxial 75 ohm yang memiliki loses daya tidak begitu besar, biasanya jumlah serabut kabel coaxial 75 ohm lebih tebal dan kawat konduktornya lebih besar.

Tips memilih dan memasang antena yang ketiga, jika jarak antara antena dengan booster relatif dekat, maka gunakanlah kabel yang tidak begitu panjang, sekitar 1,5 meter tanpa kita menggulung kabel sisanya. Namun jika jaraknya relatif jauh, maka aturlah posisi maksimalnya.

Tips memilih dan memasang antena yang keempat, pasangkanlah antena pada ketinggian maksiaml 15 meter.

Tips memilih dan memasang antena yang kelima,  sebelum anda memasangkan antena, pastikanlah terlebih dahulu apakah seluruh konektor telah terhubung dengan sempurna dan benar. 

Dan satu lagi tips tambahan untuk anda.
Perhatikanlah arah antena, pastikan bahwa arah antena sudah sesuai dan tepat dengan arah pemancar.

Itulah 5 tips memilih antena dan memasang antena Televisi (TV) yang benar dan efektif. Semoga dapat membantu anda.