Thursday, September 26, 2013
0
5 Tips Memilih Ikan Segar

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi dan sangat mudah diolah. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan sangat baik jika dikonsumsi oleh balita sampai orang dewasa. Selain memiliki rasa yang gurih, ikan juga dapat diolah dengan berbagai macam bumbu. Namun, untuk menjaga kesegaran ikan agar kandungan protein dan omega 3 tetap terjaga, alangkah baiknya ketika membeli ikan anda perhatiakan 5 tips memilih ikan segar dibawah ini.


1.Langkah pertama adalah dengan mengamati bentuk fisik ikan. Pilihlah ikan yang tidak memiliki bentuk yang cacat. Yakni tidak memiliki bekas luka akibat goresan pancing ataupun benda keras.

2.Langkah selanjutnya perhatikan pada mata ikan. Apakah masih terlihat bersinar atau telah pucat. Bola mata pada ikan yang masih segar terlihat jernih dan masih bersih.

3.Langkah ketiga yang harus anda lakukan ketika memilih ikan segar adalah dengan menekan-nekan tubuh ikan menggunakan kedua jari tangan. Jika ketika ditekan-tekan bagian tubuh ikan kenyal atau mengembal, itu tandanya ikan masih segar.

4.Langkah yang paling penting, perhatikan bagian insang ikan. Jika insang berwarna merah pucat, itu artinya ikan tidak sehat. Insang pada ikan yang masih segar dan bagus, berwarna merah segar.

5.Langkah terakhir dengan mencium aroma ikan. Ikan yang sehat, aromanya terkesan segar. Sebaliknya, ikan yang kurang bagus atau tidak sehat berbau asam dan bahkan busuk.