Saturday, July 13, 2013
0

7 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh - Seperti yang telah kita ketahui, kurma merupakan salah satu buah khas timur tengah. Di negara Arab sendiri kurma bernama Tamr. Buah yang sangat terkenal di seluruh dunia ini merupakan sejenis tanaman palma. Tinggi pohonnya sekitar 15 sampai 25 meter, dan memiliki warna buah yang beragam. Buah yang rasanya manis ini juga memiliki bentuk yang bermacam-macam, ada yang berbentuk bulat, dan ada juga yang berbentuk lonjong. Serta memiliki warna yang beragam, ada yang berwarna kecoklatan, kuning, merah kehitaman, coklat, maupung kuning keemasan.

Pada zaman dahulu di timur tengah buah kurma dijadikan sebagai makanan pokok. Dan mungkin saja sekarang juga masih ada yang menjadikan buah kurma sebagai makanan pokoknya. Buah kurma mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, sepeti vitamin C, karbohidrat, air, lemak, protein dan mangan. Menurut penelitian, 100 gram buah kurma yang masih segar mengandung energi sebanyak 320 kilo kalori. Itulah sebabnya buah khas yang satu ini sering dijadikan makana pembuka pada saat berbuka puasa.

Berikut ini manfaat lain dari buah kurma.
1. Menurunkan potensi kanker dan penyakit jantung
2. Kandungan seratnya yang sangat tinggi membuat buah kurma mampu menyerap kolesterol jahat di dalam usus. Serat yang dimiliki buah kurma ini dapat membantu melindungi selaput lendir usus serta mengurangi paparan bahan-bahan kimia yang membahayakan bagi usus besar.
3. Buah kurma dapat melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan buah kurma bersifat laksatif.
4. Buah kurma mengandung antioksidan yang disebut Tanin. Zat ini bersifat anti infeksi, anti hemoragik, dan anti imflamasi.
6. Buah kurma memiliki kandungan vitamin yang beragam, seperti Vitamin A dan Vitamin C.
Buah kurma dapat melancarkan peredaran oksigen di dalam darah, karena  mengandung zat besi.
7. Mampu membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu juga memiliki peran penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Itulah 7 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh.